Kehabisan Ide untuk Menulis? Inilah 4 Langkah jitu, Mendatangkan Ide, yang Harus Kamu Coba!



Haii, haii..  Kamu suka menulis?  Pernah mengalami kehabisan ide? Wah gawat nih,  untuk seorang penulis,  ide adalah harta karun yang harus selalu ada ya.

Karena, sudah bukan rahasia lagi,  jika menulis adalah kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan oleh seorang penulis.  Kenapa? Karena semakin banyak tulisan yang dihasilkan,  maka akan semakin cepat menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Tapi, setiap kalimat yang dihasilkan,  tidak selamanya bisa datang begitu saja,  ada kalanya kita harus berusaha mencarinya.  Dari manakah barisan kalimat itu berasal?  Dari ide bukan?

Nah, seorang penulis harus menemukan ide yang bagus untuk bahan tulisan,  tetapi penulis juga manusia kan?  Yang akan menghadapi berbagai halangan,  atau bahkan mentok. Tidak jarang penulis harus melewatkan hari tanpa menghasilkan kalimat apapun,  sedangkan deadline menghantui.  Lantas adakah langkah jitu untuk menghadirkan ide?  Berikut ulasannya




1. Membaca

Pernah mendengar bahwa buku adalah gudang ilmu?  Pernah mendengar jika membaca akan mendatangkan ilmu?  Pasti pernah kan.

Nah, membaca adalah langkah pertama yang bisa kamu ambil untuk mendatangkan ide. Membaca karya orang lain dalam bentuk buku,  artikel,  surat kabar,  dan sebagainya bisa menjadikan sumber referensi untuk bahan tulisanmu loh.

2. Posisikan diri sebagai pembaca.

Untuk siapa sih kamu menulis?  Untuk pembaca kan?  Maka posisikan diri sebagai pembaca, apa sih yang pembaca butuhkan? Ketika kamu sudah menemukan jawabannya,  maka  Mulailah menulis sesuai kebutuhan atau yang paling disukai pembaca.

3. Mengingat pengalaman pribadi

Sebagai seorang manusia, pasti tidak lepas dari kenangan.  Ingatlah kembali,  kejadian-kejadian atau bahkan pengalaman kamu di masa lalu.  Bukan ingat mantan ya, hehe.

Maka kamu akan takjub, bahwa dari semua pengalamanmu, di sana tersimpan informasi dan cerita yang dapat kamu jadikan tulisan dan bagikan kepada semua orang.

4. Komunikasi dengan orang lain

Menjadi pendengar yang baik akan menguntungkan bagi seorang penulis.  Memetik cerita atau bahkan pengalaman berharga yang orang lain alami,  akan menjadi ide segar untuk dikembangkan menjadi tulisan yang bermanfaat.  Dari  kegagalan sampai kesuksesan yang diraih orang lain, akan membantu kamu menghasilkan tulisan yang nyata dan menarik.


Jadi, ide sederhana pun akan menjadi luar biasa, ketika kamu mengolah tulisan secara maksimal. Ide tulisan datang dari manapun, atau kapanpun, tergantung kecepatan kamu menangkap ide dan menuangkannya. Rajinlah mencatat,  setiap ide yang datang.  Meskipun pengolahannya tidak detik itu juga.  Yuk semangat menulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Marah kepada Hujan

Cokelatin, Minuman Mewah dan Kekinian Asli Indonesia

Rinisa OnlineShop