Cokelatin, Minuman Mewah dan Kekinian Asli Indonesia



Di Indonesia,  cokelat sangatlah populer di kalangan pecinta makanan dan minuman manis. Padahal rasa asli dari cokelat itu sendiri adalah pahit.  Karena sebutan cokelat hanyalah nama dari hasil olahan makanan atau minuman yang berasal dari biji kakao.  Ya,  Kakao. Kakao adalah pohon budidaya yang terdapat di perkebunan yang berada di kawasan Amerika Selatan.  Namun sekarang sudah di tanam di beberapa Negara,  salah satunya Indonesia.

Meskipun tidak sebanyak Pantai Gading dan Ghana,  Indonesia sudah bisa dibilang menjadi salah satu penghasil kakao yang cukup tinggi,  di banding negara-negara lainnya seperti Meksiko dan Peru.

Kakao,  atau yang sering kita sebut cokelat ini, biasanya menjadi makanan dan minuman yang paling ditakuti oleh perempuan yang menjaga berat badannya.  Nyatanya,  cokelat sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya,  mencegah penyakit jantung,  menurunkan tekanan darah, menurunkan kolestrol,  anti depresan, menghaluskan kulit,  dan masih banyak manfaat lainnya.  Bahkan cokelat uga sangat rendah lemak. Ternyata,  yang menyebabkan gemuk atau tidak sehat itu adalah campuran dari cokelat itu sendiri, dan dengan mengonsumsinya secara berlebihan,  tentu apapun itu akan berubah menjadi tidak baik untuk tubuh.

Cokelatin-Indonesian premium cokelat




Beberapa waktu yang lalu saya mengenal cokelatin dari facebook. Pertama yang saya pikirkan adalah 'mewah'.  Ya,  saya langsung tertarik ketika melihat kemasannya. Setelah saya bertegur sapa dengan Irena Sang Pemilik cokelatin ini,  saya semakin terkesan. Ternyata,  produk ini asli olahan Indonesia yang mulai dipasarkan pada bulan Mei 2016, dengan 3 produk andalannya,  bubuk choco classic, choco latte,  dark choco.

Selain Cokelatin ini dipasarkan online, Irena pun menjajakan produknya di bazar-bazar yang ia ikuti. Untuk urusan harga, cokelatin ini tergolong premium,  menurut saya harga yang sangat sepadan dengan rasa yang dihasilkan,  itu yang membuat cokelatin ini berbeda dengan cokelat kemasan yang di jual di toko-toko.  Ini tidak berlebihan,  karena produk cokelatin ini berasal dari biji cokelat Sulawesi yang mereka sortir sendiri,  kemudian diolah tanpa menggunakan perisa, pemanis buatan,  dan tanpa mengandung bahan pengawet.

Harga cokelatin:

COKELATIN  POWDER 250 gram
Choco Classic 40K
Choco Latte     40K
Dark Choco      60K

COKELATIN  POWDER 1 kg
Choco Classic 125K
Choco Latte     125K
Dark Choco      170K


Tidak lengkap rasanya hanya mendengar tentang cokelatin saja,  tanpa saya mencoba langsung rasanya. Dengan itu saya memutuskan untuk mencoba 3 varian rasa sekaligus,  untuk membedakan rasa satu dengan yang lainnya. Karena saya berada di luar Jabodetabek,  saya tidak bisa menyicipi langsung cokelatin ready to drink,  jadi saya mencoba bubuk cokelat untuk saya konsumsi di rumah.

Dari penyajiannya sendiri tidak sulit,  saya hanya perlu mengambil 1 sachet bubuk cokelat untuk cokelatin sachetan, atau saya mengambil 2 sendok bubuk cokelatin untuk bubuk kemasan langsung,  kemudian saya campur dengan 150 ml air panas.  Terkadang,  cokelatin saya sajikan dingin juga sih, tergantung mood aja, hehe.

Nah, untuk setiap varian rasa,  tentu berbeda.  Untuk dark choco sendiri rasanya lebih pahit di banding rasa lainnya. Varian ini sangat terasa sekali keaslian kakaonya,  karena kandungan gulanya mungkin lebih sedikit.

Choco latte,  seperti namanya,  varian ini lebih creamy dan soft di lidah, karena terdapat campuran susu rendah lemak dan cream di dalamnya. Sedangkan choco clasic,  varian ini rasanya lebih ringan, dan gak neko-neko sih menurut saya.  Hanya terasa cokelat, dan rasa manis dari gulanya,  tidak terdapat rasa lain yang lebih kuat di lidah saya.

Tidak hanya dari rasa,  dari warna pun ketiga varian itu sangat berbeda.  Terlihat,  Si Dark Choco ini warnanya lebih gelap di banding yang lainnya. Disusul dengan warna yang agak terang dari varian choco clasik, dan sangat terang dari varian choco latte,  mungkin karena ada campuran cream di dalamnya.



Produksi rumahan

Melihat kemewahan kemasan,  dan kelezatan aroma dan rasa cokelatin,  rasanya saya tidak percaya bahwa ini adalah asli buatan anak bangsa,  dan diproduksi di rumah Irene sendiri. Luar biasa sih menurut saya.

Ya, kira-kira begitulah kata lidah saya untuk sensasi Cokelatin ini.  Kamu yang suka cokelat wajib coba sih menurut saya, apalagi untuk buah tangan,  cokelatin ini gak bakal malu-maluin untuk dikirim ke keluarga,  pacar,  calon mertua,  teman kantor,  bos, atau orang terkasih lainnya.

Bagaimana cara menemukan cokelatin?

Kamu bisa temuin di sini ya,
WA    : 0857-77708423 (Irena)
LINE : @cokelatin_official
IG     : @cokelat_in atau @cokelatin_official
Email : dicokelatin@gmail.com
FB Fans Page : @cokelatin



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Marah kepada Hujan

Rinisa OnlineShop