Hati-Hati dengan Orang Munafik dan Kenali Cirinya



Pernahkah kamu mendengar kata munafik? atau bahkan pernah bertemu dengan orang munafik?

Di dunia ini,  kita akan selalu menemui beragam karakter yang di miliki oleh manusia. Keburukan orang lain akan terlihat nyata,  di banding keburukan diri sendiri.

Terkadang,  dengan mudahnya kita memberikan predikat buruk terhadap orang lain,  tanpa mengetahui lebih dalam, maksud dari predikat itu sendiri.  Salah satunya,  menyebut orang dengan kata munafik.

Predikat muna atau munafik adalah sebutan yang diberikan kepada orang yang tidak jujur terhadap sesuatu hal.

Tahukan kamu?  Di dalam ensiklopedia bebas bahasa Indonesia (Wikipedia), dijelaskan bahwa munafiq atau munafik adalah terminologi dalam Islam untuk merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran Agama namun sebenarnya tidak mengakuinya dalam hati.

Nah, sudah benarkah predikat yang diberikan kepada seseorang yang di anggap munafik? Mari kita kenali berbagai sikap seseorang dalam kehidupan sehari-hari yang tergolong dalam kata munafik,  di antaranya:


1. Tidak menepati janji
Jangan pernah sepelekan janji,  karena janji adalah hutang.  Orang munafik,  cenderung akan dengan mudah berjanji,  kemudian tak menepatinya tanpa alasan yang jelas.

2. Dusta atau berbohong
Pernahkah kamu merasa kecewa dengan ucapan seseorang? Ucapan yang dengan sengaja dilebih-lebihkan atau mengabaikan fakta yang ada. Ini merupakan salah satu ciri dari orang munafik.

3. Diberi amanah,  ia khianat
Amanah adalah sesuatu yang dipercayakan untuk dijaga,  dilindungi, dilaksanakan, tetapi orang tersebut tidak melakukannya. Ini adalah ciri orang munafik yang paling nyata.

Sudah jelas ya,  penjelasan di atas merupakan ciri dari orang munafik.  Bagaimanapun prilaku yang di perlihatkan oleh orang lain, sebagai manusia, kita tidak berhak memberikan pridikat buruk terhadap seseorang.  Namun,  kita hanya cukup untuk berhati-hati dengan sebagian orang yang memiliki sifat seperti di atas. Tetap percayalah,  masih banyak orang baik di dunia ini,  jika kita mampu bersikap dan berpikir baik pula tentunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Alasan Kenapa Tidak Boleh Marah kepada Hujan

Cokelatin, Minuman Mewah dan Kekinian Asli Indonesia

Rinisa OnlineShop